Pages

Monday, August 13, 2012

Pengertian Motivasi Belajar, Apa yang memotivasi pelajar ?

Motivasi belajar siswa adalah keinginan siswa untuk berpartisipasi dalam proses belajar. Meskipun siswa dapat sama-sama termotivasi untuk melakukan suatu tugas, sumber motivasi mereka mungkin berbeda. Bisa secara intrinsik atau ekstrinsik, yaitu :
 

  1. Motivasi Intrinsik
Seorang siswa yang termotivasi secara intrinsik akan melakukan suatu kegiatan belajar untuk kepentingan diri sendiri, untuk mengejar kesenangan dalam proses belajar dan merasa puas dengan meningkatnya pemahaman.  (Markus Lepper 1988).

·         Motivasi Ekstrinsik
Sedangkan pelajar yang bersifat  ekstrinsik akan termotivasi melakukan kegiatan belajar AGAR mendapatkan hadiah seperti nilai, stiker, atau persetujuan guru atau menghindari hukuman (Lepper).

Apa Kelebihan Motivasi Intrinsik?
Ketika
seorang pelajar memiliki motivasi belajar secara  intrinsik, siswa cenderung mengembangkan strategi belajar  yang menuntut upaya lebih banyak namun memungkinkan mereka untuk memproses informasi lebih dalam. J. Condry dan J. Chambers (1978) menemukan bahwa ketika siswa dihadapkan dengan tugas-tugas intelektual yang kompleks, mereka yang memiliki orientasi intrinsik akan lebih logis dalam pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan dari pada siswa yang berorientasi ekstrinsik.

Siswa dengan orientasi intrinsik juga cenderung lebih menyukai tugas-tugas yang cukup menantang, sedangkan siswa dengan motivasi belajar ekstrinsik, berorientasi tertarik terhadap tugas yang rendah tingkat kesulita
nnya. Siswa yang berorientasi ekstrinsik cenderung mengusahakan upaya seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Meskipun setiap kegiatan pendidikan tidak bisa, dan mungkin tidak harus, secara intrinsik memotivasi, namun penemuan ini menunjukkan bahwa ketika para guru dapat memanfaatkan motivasi  intrinsik yang ada, akan ada banyak keuntungan yang didapat. Murid-murid akan memahami bahwa belajar adalah untuk mengejar pemahaman dengan kegairahan dan mengerti keasyikan proses belajar,  bukan sekedar  mengejar nilai semata. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa secara intrinstik di dalam kelas ?

0 komentar

Post a Comment