- Motivasi Intrinsik
Seorang siswa yang termotivasi secara intrinsik akan melakukan suatu kegiatan belajar untuk kepentingan diri sendiri, untuk mengejar kesenangan dalam proses belajar dan merasa puas dengan meningkatnya pemahaman. (Markus Lepper 1988).
· Motivasi Ekstrinsik
Sedangkan pelajar yang bersifat ekstrinsik akan termotivasi melakukan kegiatan belajar AGAR mendapatkan hadiah seperti nilai, stiker, atau persetujuan guru atau menghindari hukuman (Lepper).
Apa Kelebihan Motivasi Intrinsik?
Ketika seorang pelajar memiliki motivasi belajar secara intrinsik, siswa cenderung mengembangkan strategi belajar yang menuntut upaya lebih banyak namun memungkinkan mereka untuk memproses informasi lebih dalam. J. Condry dan J. Chambers (1978) menemukan bahwa ketika siswa dihadapkan dengan tugas-tugas intelektual yang kompleks, mereka yang memiliki orientasi intrinsik akan lebih logis dalam pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan dari pada siswa yang berorientasi ekstrinsik.
Ketika seorang pelajar memiliki motivasi belajar secara intrinsik, siswa cenderung mengembangkan strategi belajar yang menuntut upaya lebih banyak namun memungkinkan mereka untuk memproses informasi lebih dalam. J. Condry dan J. Chambers (1978) menemukan bahwa ketika siswa dihadapkan dengan tugas-tugas intelektual yang kompleks, mereka yang memiliki orientasi intrinsik akan lebih logis dalam pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan dari pada siswa yang berorientasi ekstrinsik.
Siswa dengan orientasi intrinsik juga cenderung lebih menyukai tugas-tugas yang cukup menantang, sedangkan siswa dengan motivasi belajar ekstrinsik, berorientasi tertarik terhadap tugas yang rendah tingkat kesulitannya. Siswa yang berorientasi ekstrinsik cenderung mengusahakan upaya seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Meskipun setiap kegiatan pendidikan tidak bisa, dan mungkin tidak harus, secara intrinsik memotivasi, namun penemuan ini menunjukkan bahwa ketika para guru dapat memanfaatkan motivasi intrinsik yang ada, akan ada banyak keuntungan yang didapat. Murid-murid akan memahami bahwa belajar adalah untuk mengejar pemahaman dengan kegairahan dan mengerti keasyikan proses belajar, bukan sekedar mengejar nilai semata. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa secara intrinstik di dalam kelas ?
Bacaan lainnya :
0 komentar
Post a Comment